Senin, 10 Oktober 2011

Pilpres 2014, Belum Ada Tokoh Sunda Tampil

Bandung - Hingga saat ini, belum ada tokoh Sunda yang layak tampil sebagai calon presiden atau wakil presiden yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

Tokoh Sunda terkesan hanya jago kandang, tidak berani tampil dalam kepemimpian nasional. Padahal sebelum kemerdekaan, banyak tokoh Sunda yang mempunyai visi dan mimpi mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan sekarang, tokoh Sunda seperti itu belum terlihat.


"Dulu kita kenal ada Otto Iskandardinata, Djuanda, dan banyak tokoh Sunda lain. Mereka berani bermimpi dan mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Tapi saat ini, saya belum melihat ada tokoh Sunda," ujar Ketua Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan Ginandjar Kartasasmita saat memberi sambutan pada acara Silaturahim Paguyuban Pasundan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari Kota Bandung, senin (12/9/2011).

Ginandjar menyayangkan banyak tokoh muda Sunda yang terganjal di tengah jalan, padahal dia melihat tokoh muda itu sangat potensial.

"Sekarang pertanyannya, apakah ada tokoh Jabar yang sekelas dengan pemuda masa lampau? Pemuda yang mampu melanjutkan perjuangan bangsa," kata anggota DPD RI tersebut.

Dia berharap, sebelum pilpres nanti, ada tokoh muda Sunda yang bisa menjadi alternatif. "Harus ada tokoh yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan," kata dia.[den/inilah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar