Selasa, 01 November 2011

Peternak Ayam Pelung Mulai Waspada Di musin Pancaroba


Bandung, PATROLI,- Menjelang musim hujan akhir tahun 2011, sejumlah masyarakat yang  beternak ayam Pelung di Kota Bandung  mulai meningkatkan pemeriksaan terhadap peliharaan-peliharaan mereka. Pasalnya, musim pancaroba diketahui sering memunculkan banyak penyakit flu, termasuk flu burung terhadap unggas.

Peternak ayam Pelung  ‘Warung Pelung’  dari Cijerah, Iman Hardiman, belum lama ini mengatakan, pemeriksaan lebih rutin lebih sering dilakukan, untuk mendeteksi lebih dini kemungkinan ada ayam pelung  peliharaan mereka mati tiba-tiba. Selain itu, sanitasi kandang pun lebih digiatkan, agar tak menimbulkan bau dan sarang penyakit, sehingga lingkungan kandang ayam lebih cepat bersih.
"Para peternak ayam Pelung memang sudah lebih terbiasa dengan antisipasi flu burung.. Namun diharapkan pula kesiagaan dan kesiapan para petugas, agar pada musim hujan akhir tahun ini lebih aman dari serangan flu burung," katanya. Lebih lanjut Iman mengatakan, dengan pola pemberian makan yang seimbang dan pemberian obat untuk daya tahan tubuh dapat mengatisipasi ayam tidak sakit.
Usaha peternakan ayam Pelung sendiri kini mulai kembali diminati masyarakat Kota Bandung, karena pangsa pasar yang membesar kembali seiring selera konsumen.  “apalagi keistimewaan ayam pelung yang menjadi peminatnya semakin banyak,” ucapnya. Iman menambahkan,  populernya Ayam Pelung saat ini tidak terlepas dari grup-grup yang ada dijejaring social seperti di facebook dan lainnya. “grup inilah yang menjadikan ayam Pelung di Kota Bandung menjadi pesat dan digemari,” tambahnya. (Deni27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar