Selasa, 15 November 2011

Seniman Cimahi Rindukan Gedung Kesenian


CIMAHI, PATROLI,- Sudah sejak lama seniman-seniman Kota Cimahi merindukan gedung kesenian sebagai wadah para seniman untuk berkarya. Hingga saat ini di Kota Cimahi belum ada yang namanya gedung Kesenian sebagai tempat pementasan atau pun untuk latihan para seniman. Kondisi ini menjadikan seniman-seniman dari Cimahi berimigrasi ke kota Bandung pada umumnya.

Salah seorang Seniman asal kota Cimahi, Ahmad. S.Pd,. yang juga sebagai Ketua I Cimahi Lestari Padaringan Seni Dan Budaya Sunda  menuturkan, keberadaan seniman di Cimahi sudah tidak terdengar suaranya. “jangankan pentas kumpul-kumpul saja tidak pernah karena, fasilitas tidak ada,” kata Ahmad disela-sela waktu kerjanya. Menurutnya, jika pemerintah kota peka akan keberadaan seniman-seniman khususnya yang berasal dari cimahi, Maka tidak akan seperti saat ini. Diharapkan ada solusi kedepan untuk seniman-seniman dari pemerintah Cimahi. Misalnya, dengan dibangunnya gedung kesenian dan mengadakan festival-festival tahunan, yang tujuannya untuk mempromosikan juga Kota Cimahi dan sekitarnya.
“saya sangat prihatin dengan kondisi yang sekarang ini, apalagi seniman-seniman dari Cimahi menghilang entah kemana,” ucapnya. Ahmad menambahkan, semoga dengan adanya Cimahi Lestari Padaringan Seni dab Budaya Sunda, pemerintah lebih peka terhadap keberadaan seniman-seniman yang berasal dari Cimahi.
Sementara itu, salah satu tokoh kesenian dari Cimahi kang Syarif mengatakan, pihaknya akan mengajukan Gedung Sudirman sebagai gedung kesenian Cimahi dan museum pula. Menurut syarif, saat ini gedung tersebut kosong dan tidak terurus, padahal jika digunakan untuk gedung kesenian itu akan lebih baik. “ kita berharap gedung Sudirman yang kepemilikannya oleh Kodam bisa di pergunakan. Sayang saat ini kondisinya memprihatinkan,” kata Syarif kepada PATROLI.
Dahulu pendopo pun lanjut Syarif, sebelum digunakan sebagai kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), sering kali digunakan untuk pementasan seni dan kebudayaan di Cimahi. Sekarang ini kota Cimahi sangat minim sekali dan langka akan pementasan atau pestival, karena tidak ada sarana yang menunjang.
perlu diketahui beberapa tokoh-tokoh seniman di cimahi antara lain, Seniman Rebab Raden Iim, seniman Kawih yaitu Yuhana, seniman Tembang Ida Widawati, tokoh seniman Gamelan  yang terkenal turun termurun yaitu Abah Omo, dan wayang Cepak yag aslinya dari Cimahi Alm. Bapak Otong. Serta banyak lagi seniman yang tidak disebutkan merupakan seniman-seniman yang berasal dari Kota Cimahi. (deni27/Caca L)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar